Featured Post

32 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi

32 Tempat Wisata di Garut yang Wajib Dikunjungi Acuan terupdate di 2018 via web wisata waw. Rekomendasi konten lengkap terbagus untuk tempat...

20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik

20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik Ringkasan terbaru di 2018 di website wisata waw. Rekomendasi konten lengkap terbagus untuk tempat Wisata. Artikel yang berjudul 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik, semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu menemukan tempat liburan yang paling tepat.


Ringkasan ini untuk kamu pembaca setia website kami wisata waw. Dan jangan lupa untuk share juga artikel 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik terbaru ini ke media kalian. Agar website wisata waw yang membahas seputar tempat liburan dan website terkait serta kamu mendapat manfaat dari info ulasan Tempat Wisata di ini. Langsung saja baca dan simak mengenai 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik di bawah ini yang sudah wisata waw ringkas.



Wisata NTB - Sumbawa, sebuah pulau eksotis yang ada di timur Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari wilayah Nusa Tenggara Barat. Pulau Sumbawa merupakan pulau yang terdiri dari beberapa kabupaten dan kota yaitu Kabupaten Sumbawa Barat, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Dompu, Kabupaten Bima, Kota Sumbawa Besar, dan Kota Bima.




Pulau Sumbawa terletak di sebelah timur pulau Lombok. Pulau ini memiliki keeksotisan budaya dan pesona pantai khas daerah timur Indonesia. Dari barat hingga timur pulau ini terbentang keindahan yang benar-benar membuat mata enggan berkedip memandanginya. Berlama-lama di Pulau Sumbawa akan memberikan banyak kesan bagi para wisatawan yang datang ke pulau ini. 




Pulau yang memiliki luas tiga kali lebih besar dari pulau Lombok ini adalah mahakarya yang dianugerahkan Tuhan untuk negeri Indonesia. Untuk itu, sebagai warga Indonesia kita wajib mensyukurinya dengan cara mengunjungi tempat-tempat tersebut dan menjaga kelestariannya. Nah, apa saja pesona indah Pulau Sumbawa yang dapat kita kunjungi. Berikut Bang Mamad akan membahas tempat-tempat wisata paling menarik di Pulau Sumbawa.




1. Negeri di atas Awan Desa Mantar



Desa Mantar, sebuah desa yang amat terkenal karena tempat ini pernah dijadikan tempat syuting film Serdadu Kumbang. Film ini mengekspos keindahan negeri di atas awan pulau Sumbawa. Desa Mantar benar-benar memiliki pesona yang sangat indah, dari desa ini kita merasakan sebuah view yang menakjubkan. Di tempat ini kita puas memandangi awan-awan yang menari sejajar dengan posisi Anda. 



Sumber : wisata-indonesiana.blogspot.com


Desa Mantar berada diketinggian 630 mdpl, tidak dipungkiri untuk mencapai lokasi ini harus menempuh jarak yang panjang melewati bebatuan yang terjal. Desa wisata ini terletak di wilayah Kabupaten Sumbawa Barat, tepatnya di Kecamatan Pototano. Di Desa nan eksotis ini Anda tidak hanya dipuaskan dengan keajaiban pemandangan alam, tetapi di tempat ini juga terdapa keunikan budaya yang luar biasa. Kalau di Batusangkar ada paju jawi, maka di tempat ini ada pacu ayam. Gokil, bukan.




2. Pesona Indah Pantai Tanjung Pasir Pulau Moyo



sumber : travelingyuk.com
Pantai Tanjung Pasir adalah sebuah pantai indah di Pulau Moyo. Pulau Moyo merupak sebuah pulau yang lagi banyak diperbincangkan karena pesonanya yang begitu menakjubkan. Pulau yang memiliki jarak sekitar 3 kilometer dari pulau Sumbawa ini memiliki banyak tempat wisata yang menarik dan gokil abis. Salah satunya adah pantai yang satu ini.


Pantai Tanjung pasir, sebuah pantai yang dengan garis yang cukup panjang dan indah. Pasir putih dan laut biru yang terhampar membuat Anda akan merasakan suasana yang sangat indah. Dan yang paling wow di pantai ini adalah ketika Anda melihat keindahan bawah laut pantai ini. Sungguh menakjubkan warna warni karang yang tampak bertaburan di mana-mana. Hal yang menarik adalah aktivitas snorkeling ataupun diving untuk melihat pesona bawah lautnya.



3. Keindahan Bawah Laut Pantai Ai Manis Pulau Moyo



sumber : www.klikhotel.com
Tak jauh dari Pantai Tanjung Pasir terdapat sebuah pantai yang tak kalah indahnya. Pantai ai manis menawarkan keindahan pasir putih dan keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan. Terumbu karang dan ikan-ikan yang berwarna warni akan Anda nikmati ketika diving dan snorkling di pantai ini. Sungguh cantik, alam bawah lautnya. Selain, keindahan bawah laut Anda juga kan menikmati indahnya matahari terbenam yang memberikan suasana yang begitu romantis.


Di sekitar pantai air tropis juga menawarkan beberapa pemandangan hutan tropis yang kaya akan flora dan fauna seperti rusa, sapi liar, babi hutan, burung koak kao, kakak tua dan burung gosong yang dilindungi. Tidak jauh dari Ai Manis terdapat gua kelelawar. Sangat menarik pemandangan dan liburan di tempat ini.



4. Pemandian Indah Air Terjun Mata Jitu



a photo by @franzlicious via Instagram
Air terjun mata jitu adalah sebuah air terjun indah di pedalaman hutan yang ada di pulau Moyo. Air terjun ini terletak di Desa Ai Bari. Sesampai di desa tersebut Anda perlu trekking sekitar dua jam ataupun dapat menyewa ojek sekitar 20 menit perjalanan.


Air terjun yang dijuluki air terjun putri Diana ini memiliki pesona air terjun yang luar biasa. Air Terjun Mata Jitu memiliki empat undak dan tujuh kolam. Wow, benar-benar air terjun yang indah, wajar putri Diana dan wisatawan dunia lainnya terpesona keindahan air terjun ini. Tempat ini adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi ketika berada di Pulau Moyo.



5. Kawasan Lindung Poto Jarum



sumber : www.utarakita.com
Kawasan ini merupakan pesona indah yang dimiliki oleh Pulau Moyo. Untuk mencapai tempat ini Anda dapat menempuh perjalanan selama 70 menit atau dari Tanjung Pasir selama 60 menit. Kawasan ini merupakan kawasan hijau dengan pantai indah. Kawasan ini tak berpenghuni karena di tempat ini dilarang membangun pemukiman karena fungsinya penting bagi pelestarian alam di Pulau Moyo. Beragam flora dan fauna dapat Anda temui selain menikmati keindahan laut di tempat ini.



6. Suasana Romantis Amanwana Resort



sumber : www.aman.com
Anda ingin menikmati penginapan dan nyaman di pulau Moyo ataupun menikmati suasana pantai dengan penginapan nan romantis di pulau nan eksotis. Di pulau moyo terdapat sebuah resort yang amat indah dengan berbagai fasilitas yang lengkap. Menginap di resort ini menjadi salah satu yang dapat membuat perjalanan wisata Anda semakin menarik tentunya.



sumber : www.cbc.ca
Amanwana resort beralamat di Pulau Moyo, Labuhan Badas, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. Resort ini merupakan surga bagi pencinta alam dan diving karena lokasinya sangat strategis, dekat dengan objek-objek wisata menarik di pulau Moyo.





7. Keunikan Istana Tua Dalam Loka



sumber : kebudayaanindonesia.net
Jika Anda ingin menikmati wisata yang berbeda di Sumbawa, Istana Dalam Loka dapat menjadi salah satu tujuan destinasi wisata Anda. Istana Tua Dalam Loka merupakan bangunan peninggalan kesultanan Sumbawa. Bangunan yang berbentuk rumah panggung dengan luas bangunan 904 meter persegi ini terlihat begitu klasik. Jumlah tiang bangunan ini berjumlah 99 tiang menunjukkan lambang keislaman yaitu asma Allah. Mengunjungi tempat bersejarah ini akan menambah pengetahuan Anda tentang Kesultanan Sumbawa dan juga tentunya tempat ini sangat cocok untuk jadi latar foto Anda tentunya.





8. Pantai Kencana Sumbawa Besar



sumber : jalan2.com
Jika Anda sedang berada di Sumbawa Besar ada sebuah pantai yang sangat indah yaitu Pantai Kencana. Pantai ini terletak di Jl. Raya Poto Tano Km. 11, Badas, Sumbawa Besar. Pantai indah ini terdapat dalam kawasan Kencana Beach Cottages. Pantai dengan pasir putih berbentuk lengkungan ini tak hanya memiliki panorama pantai yang indah tetapi juga memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Untuk fasilitas Anda tak perlu khawatir karena pantai ini berada dalam kawasan Kencana Beach Cottages, fasilitas di tempat ini sangat lengkap.


Dari penginapan sampai restoran serta fasilitas lainnya tersedia di tempat ini. Selain hal tersebut yang membuat perjalanan wisata Anda menyenangkan adalah pantai ini sangat bersih dan airnya jernih karena pihak hotel mernjaga kebersihan pantai ini dengan baik. Pantai ini layak Anda jadikan salah satu persinggahan jika Anda datang Ke Sumbawa Besar.



9. Pesona Menawan Brang Sedo



sumber : www.yukpiknik.com
Bagi Anda yang ingin berkemah di pinggir pantai yang indah, Brang sedo adalah tempat yang tepat. Tempat ini menjadi salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung di Pulau Moyo karena tempat ini sangat indah dan asri. Selain menikmati panorama alam yang alami, kita juga bisa melakukan aktivitas snorkeling dan diving di kawasan ini.



10. Berselancar di Pantai Sili dan Maci



sumber : begajol.com
Pantai Sili dan Maci yang terletak di perbatasan Sumbawa-Dompu Wilayah Kecamatan Tarano, Sumbawa. Pemandangan di pantai ini sangat indah dan menarik. Pasir putih, bukit-bukit dan birunya laut berpadu membuat pandangan mata menjadi sejuk dan nyaman. Yang membahagiakan lagi adalah pantai ini bebas sampah. 


Hal yang paling menarik di pantai ini adalah ombak yang menggulung membuat pantai ini menjadi salah satu tempat favorit bagi peselancar. Bagi Anda yang tidak bisa berselanjar memperhatikan para peselancar melakukan atraksi di gulungan ombak, rasanya dapat memberikan sensasi berwisata yang berbeda bagi Anda.



11. Sensasi di Pulau Tak Berpenghuni Pulau Kenawa



a photo by @ sankar_komink via instagram
Tetangga Pulau Lombok ini merupakan surga padang rumput yang ada di Sumbawa. Karena keindahan pulau ini, berbagai paket tour dari agen wisata ditawarkan kepada para wisatawan yang ingin ke pulau ini. Gokil, sampai di pulai ini Anda akan merasakan suasana yang begitu tenang. Birunya laut dan putihnya pasir pantai serta keajaiban bawah laut membuat pantai satu ini begitu populer. 


Di pulau Kenawa tersedia beberapa pondok untuk bersantai di pulau ini. Pantai ini memiliki padang rumput yang terhampar luas yang menambah keindahan pantai ini. Jika Anda ingin menyeberang ke Pulau Kenawa Anda perlu membayar sewa kapal nelayan sebesar 300.000 – 400.000 rupiah untuk perjalanan pulang pergi untuk maksimal 10 orang. 



12. Pulau Paserang yang Romantis



sumber : caderabdul.wordpress.com
Terletak Pulau Pasaran, Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, pulau ini merupakan salah satu pulau terindah yang ada di NTB. Pulau ini terasa begitu romantik dimana bebukitannya dihiasi rerumputan luas berwarna coklat keemasan. 


Pulau indah ini akan menjadi destinasi liburan pasangan yang ingin berbulan madu. Pulau yang begitu indah ini rasanya layak dijadikan tempat yang nyaman bagi Anda untuk berbulan madu karena di pulau ini terdapat sebuah cottage yang begitu unik dan indah. Pulau ini akan dijadikan destinasi wisata layaknya Maladewa. 



13. Masjid Agung Darussalam



sumber : www.sikunir.info
Jika Anda berwisata ke suatu tempat, objek wisata religi adalah salah satu tempat yang wajib Anda kunjungi. Salah satu masjid dengan arsitektur yang menawan dan indah adalah Masjid Agung Darussalam. Masjid kebanggan Sumbawa Barat ini merupakan masjid yang ditopang oleh 99 tiang penyangga. Arsitektur masjid ini benar-benar mempesona dan indah. Tentunya mengunjungi masjid ini akan membuat perjalanan wisata Anda menjadi begitu berkesan. Sempatkanlah beribadah di masjid ini. 



14. Pantai Tropical yang Eksotis



sumber : wisatapriangan.co.id
Pantai yang eksotis satu ini memang belum ramai dikunjungi. Akan tetapi hal tersebut bukan berarti pantai ini tidak indah. Mungkin karena letaknya yang jauh dari pusat kotalah yang membuat pantai ini belum ramai dikunjungi. Pantai Tropical ini memang cukup jauh dari kota Taliwang yang merupakan ibukota kabupaten Sumbawa Barat. 


Pantai yang sangat mempesona ini merupakan pantai yang ada di daerah Tropis, hangat oleh cahaya matahari, ombak yang tenang. Sangat cocok bagi Anda yang menyepi dan mencari ketenangan, ataupun bagi Anda yang ingin merasakan sensasi berlibur seolah-olah di pantai milik pribadi.



15. Objek Wisata Andalan Sumbawa Barat Pantai Maluk



A photo by @rahmandaarnv via instagram
Pantai Maluk terletak di Desa Maluk, Kec Jereweh, Kab Sumbawa Barat Indonesia. Pantai ini berada di kota kecil Maluk yang dijadikan sebagai tempat tinggal para pekerja sebuah perusahaan Asing. Pantai ini mendadak ramai pada sore hari dimana wisatawan bisa menikmati sunset yang begitu menarik. Pantai ini memiliki berbagai fasilitas lengkap jadi Anda tak perlu khawatir ketika menikmati indahnya pantai ini.



16. Pesona Pemandian dan Goa Liang Petang
sumber : lombok.panduanwisata.id
Objek wisata yang berjarak 30 kilometer dari Kota Sumbawa Besar, Gua Liang Petang dan Pemandian Liang petang  adalah sebuah tempat yang begitu menarik. Di tempat ini Anda akan berwisata ke tempat yang sedikit menguji keberanian Anda menyusuri gua yang sangat gelap dan memiliki banyak kisah misteri. Gua ini merupakan tempat beristirahat para penyebar islam di Pulau Sumbawa. Setelah puas menyusuri Goa, kita dapat merilekskan badan dengan menyeburkan diri ke  sebuah pemandian indah yang tak jauh dari Goa Liang Petang. 



17. Gili Bedil dan Gili Keramat



sumber : ngadem.com
Kalau kita mendengar kata Gili, pastinya kita ingat dengan tiga Gili yang ada di Lombok yang sangat populer di Dunia. Ternyata di Sumbawa juga terdapat dua buah Gili yang tak kalah indah yaitu Gili Bedil dan Gili Keramat. Letaknya di sebelah utara Pulau Sumbawa tepatnya Desa Labuhan Padi, Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Kedua Gili ini memiliki pesona alam yang luar biasa, keindahan bawah laut kedua Gili ini bahkan terlihat ketika kita masih berada di atas kapal. Rasa lelah seakan-akan hilang ketika telah menginjakkan kaki di Pulau yang cantik ini. 



18. Pulau Terpadat di Dunia Pulau Bungin



sumber : wildanurhayatun.wordpress.com
Pulau Bungin terletak di Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Bungin memiliki luas sekitar 8,5 hektar dengan jumlah penduduk 3.400 jiwa. Populasi tersebut merupakan jumlah penduduk terpadat di dunia.


Kepadatan penduduk di pulau ini karena kebanyakan masyarakat Desa ini menikah dengan sesama warga Pulau Bungin.  Nyaris tak ditemukan pepohonan dan rerumputan di Pulau ini, bahkan hewan ternak di sini makan plastik dan kardus. Pulau terpadat di dunia ini cocok dijadikan sebagai objek wisata bagi Anda yang menyukai tempat-tempat unik seperti tempat ini.



19. Gunung Tambora



a photo by @inatm.adventure via instagram


Gunung Tambora merupakan gunung dengan ketinggian 2.851 mdpl ini terletak di Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima. Bagi Anda yang gemar mendaki gunung gunung ini merupakan salah satu gunung terindah yang ada di Indonesia.



20. Surga di Tengah Rimba  Air Terjun Agal



sumber : tagsecond.com
Air terjun agal merupakan salah satu air terjun tertinggi di dunia. Air terjun Agal terletak di Kecamatan Alas, kurang lebih 70 kilometer dari Kota Sumbawa Besar atau 23 kilometer dari Pelabuhan Poto Tano Kabupaten Sumbawa Barat. Di tengah rerimbunan pepohonan, air terjun ini benar-benar menakjubkan.










Sekian dan Terima kasih sudah membaca tulisan 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik. Semoga tulisan dari website wisata waw berguna dan memberi manfaat dalam memilih tempat liburan. Silakan share artikel 20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik tadi ke situs web media anda. Bagikan artikel dari Tempat Wisata melalui media sosial yang ada di bawah. Dan kunjungi Daftar Isi Blog wisata waw untuk mendapat info lengkap terbaru. Demikan dan sekian tentang 16 Tempat Wisata di Cilegon Paling Populer Wajib Dikunjungi. Dan Assalamualaikum pembaca Tempat Wisata.

Credit Image & Source link: http://bangmamadi.blogspot.com/2016/08/21-tempat-wisata-di-pulau-sumbawa-nusa.html

0 Response to "20 Tempat Wisata di Pulau Sumbawa Nusa Tenggara Barat Paling Menarik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel